Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman perkebunan penghasil devisa negara tertinggi. Indonesia merupakan produsen kelapa sawit terbesar di dunia, hal ini terlihat dari jumlah produksi sawit Indonesia yang tinggi. Proses produksi kelapa sawit memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan tanaman yang siap panen. Salah satu proses yang cukup penting untuk diketahui ilmunya secara detil adalah proses pembibitan, proses ini bertujuan menghasilkan benih yang unggul untuk didistribusikan kepada para petani sawit di Indonesia. Salah satu produsen sawit yang banyak bergelut dalam bidang penelitian benih unggul tanaman sawit adalah Sampoerna Agro Tbk Palembang. Perusahaan ini telah banyak menghasilkan varian benih sawit unggul dengan kualitas tinggi. Segmentasi pembibitan juga merupakan segmentasi usaha yang menjanjikan, permintaan benih sawit unggul sangat tinggi di Indonesia, sehingga banyak pengusaha yang menggeluti bidang pembibitan tanaman kelapa sawit.

Menangkap peluang besar ini Fakultas Pertanian Universitas Batanghari Jambi bekerjasama dengan PT Sampeorna Agro Tbk Palembang melaksanakan kuliah umum kewirausahaan tanaman kelapa sawit terutama bidang pembibitan. Kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan wawasan kepada seluruh mahasiswa aktif Fakultas Pertanian terkait bisnis pembibitan kelapa sawit. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kompetensi khusus bagi para mahasiswa dalam mempersiapkan diri menuju dunia pasca kampus terutama para mahasiswa yang berminat menjadi pengusaha kelapa sawit.

Kuliah umum ini telah dilaksanakan pada hari Jum’at, 25 Maret 2022 bertempat di Aula Drs. H. Abdurrahman Sayoeti UNBARI Jambi, dengan diikuti sekitar 60 orang mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa program studi Agroteknologi, Agribisnis, dan Budidaya Perairan.

Acara ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Bapak Dr. H. Rudi Hartawan, M.P., dan dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi yang dipandu oleh moderator Bapak Drs. H. Hayata, M.P. Pembicara pada kegiatan ini adalah Ibu Yohana Hermawati WR dan Ibu Sherly Agustina dari PT Sampoerna Agro Tbk Palembang. Materi yang disajikan sangat menarik dengan mengupas tuntas bisnis pembibitan sawit dari hulu sampai kepada pemasaran dan manajemen pemeliharaan benih di perkebunan utama.(admin,03/2022)

KULIAH UMUM KEWIRAUSAHAAN KELAPA SAWIT OLEH FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BATANGHARI (FP-UNBARI) JAMBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.